Rabu, 23 Mei 2012

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang dan Masalah 
1.1.1    latar belakang

dunia pendidikan kita dewasa ini mempunyai banyak permasalahan sehingga tidaklah mengherankan, terkadang kita tidak tau dari mana harus memulai untuk mengatasinya. Hal ini disebabkan oleh varibel-variabel yang berhubungan dengannya begitu kompleks dan bertautan erat satu dengan lainya serta sukar untuk di selesaikan hanya secara persial atau separuh-separuh (Sudjana,  1987: 5). Untuk itu, di kembangkan iklim belajar mengajar, yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri  srta sikap dan prilaku yang inovatif dan kreatif. Dengan demikian, pendidikan nasional akan mampu mewujudkan manusia-manusia pembangunan yang dapt membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

    Sehubungan dengan itu, salah satu kriteria keberhasilan pendidikan adalah relevansinya terhadap kebutuhan  masyarakat dan pembangunan nasional. Oleh karena itu, haruslah kebutuhan masyarakat itu diterjemakan dan di jabarkan  dalam bentuk tujuan atau sasaran pendidikan, agar dapat dijadikan standar atau tolak ukur untuk mengukur seberapa jauh usaha pendidikan itu berhasil dan relevan terhadap kebutuhan yang di jadikan titik tolak penjabaran tujuan/sasaran pendidkan itu.


1.1.2    Masalah
Berdasarkan uraiyan latar balakang di atas, masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran sastra indonesia siswa kelas 1 SLTP Negri 9 kendari?

1.2Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.2.1 tujuan penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data dan informasi guna mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sastra indonesia siswa kelas 1 SLTP Negri 9 kendari.

1.2.2 manfaat penelitian
Mafaat yang di harapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1)    Sebagai sumbangan  pemikiran bagi pembinaan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra indonesia.
2)    Sebagai  bahan informasi bagi guru bahasa dan sastra indonesia di kelas 1 SLTP Negri 9 kendari dalam usaha menyempurnakan dan meningkatkan  kualitas belajar sastra Indonesia.
3)    Sebagai bahan acuan bagi relavan, khususnya penelitian yang lebih luas dan mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran sastra indonesia.
j

Tidak ada komentar:

Posting Komentar