Kamis, 31 Mei 2012

rencana pelaksanaan pembelajaran

Rencana Pelaksanaan pembelajaran
                                           
Nama sekolah          : SMA 1kuli susu

Mata pelajaran     : bahasa indonesia
Kelas / semester     : x  /1

A.    Stadar kompetensi
Menulis
Mengungkapkan pikiran dan prasaan melalui kegiatan menulis puisi.
B.    Kompetensi dasar
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
C.    Indikator
1.    Kognitif
a.    Produk
-    Mengidentifikasi puisi baru bedasarkan bait, irma, dan rima.
-    Membedakan bentuk puisi baru dan lama.
b.    Proses
-    Menuliskan pisi baru dengan memperhatikan  bait, irama, dan rima.
-    Menyuting puisi baru yang dibuat teman.
2.    Psikomotor
-    Mengembangkan pembacaan puisi dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
-    Menyuting puisi baru yang dibuat teman.
3.    Afektif
a.    Karakter
-    Bersahabat / komunikatif
-    Tanggung jawab
4.    Keterampilan sosial
-    Kepemimpinan
D.    Tujuan pembelajaran
1.    Kognitif
a.    Produk
-    Secara mandiri siswa mampu mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima, dengan LKS 1 : produk
-    Secara mandiri siswa dapat membedakan antara puisi baru dan lama. LKS 1 :produk
b.    Proses
Siswa diberikan lembar kerja yang berisi teks tulisan yang terdapat dalam LKS 2 : prose, selanjutnya, siswa dihapkan dapat :
-    Menuliskan puisi baru  memperhatikan bait, irama, dan rima.
-    Menyuting puisi baru yang di buat teman.
2.    Psikomotor
Setelah mempelajari dan berlati menguasai hasil pencapaiyan tujuan proses di atas, siswa secara mandiri diharapkan dapat :
-    Mengembangkan pembacaan puisi  dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
-    Menyuting puisi baru yang di buat teman.
3.    Afektif
a.    karakter
Dengan arahan bimbingan, dan motifasi yang diberikan oleh guru, siswa di harapkan terlibat langsung secara aktif dan produktif baik dalam proses pembelajaran  di kelas pada umumnya maupun dalam pelaksanaan tugas kelompok  dan tugas mandiri pada khususnya dengan memperhatikan kemajuan berprilaku positif dengan karakter yang meliputi tanggung jawab, ingin tahu, jujur, kreatif, kritis, disiplin, serta bersahabat dan komunikatif.
b.    Keterampilan sosial
Melalui arahan, motifasi dan strategi pembelajaran yang ditetapkan oleh guru di kelas siswa di harapkan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan menujukan kemajuan kecakapan sosial yang meliputi inisiatif dalam {kerjasama} kelompok, berbahasa santun dan komunikatif dalam berbicara, dan partisipasi dalam {kerjasama kelompok}.
c.    Materi pembelajaran
Conto puisi baru
-    Ciri-ciri puisi baru
-    Bait
-    Rima
-    Irama
d.    Model dan metode pembelajaran
1.    Pendekatan                      : kontekstual
2.    Model pembelajaran      : kooperatif tipe STAD
3.    Metode                             : tanya jawa, pemodelan, diskusi, dan unjuk kerja.
e.    Bahan / media
1.    Contoh puisi baru
2.    Buku kumpulan puisi lama / internet media massa
3.    Lembar kerja siswa {LKS}
f.    Alat
1.    Spidol
2.    Format evaluasi
3.    Pedoman penilaiyan dan penskoran





Tidak ada komentar:

Posting Komentar